Urus SLF Bangunan di Batu Gak Pakek Ribet

Hal Positif dari Linoleum Flooring Lowes

DPUPRPKP Pemkot Malang dan Batu terus mendorong pemilik gedung untuk mengurus Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Usaha yang telah dilakukan yaitu mengadakan sosialisasi dam mengumpulkan 150 pelaku usaha dan pemilik gedung untuk diberikan pemahaman tentang fungsi SLF. Sosialisasi yang dilakukan dalam rangka mewujudkan menertibkan penyelenggaraan bangunan gedung dan menjamin kehandalan fungsi bangunan gedung baik teknis dan adaministratif.

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yaitu sertifikat yang akan menjadi bukti bahwa kelayakan bangunan terjaga. Proses pengajuan dokumen SLF pabrik relatif mudah dan murah. Perusahaan dapat dengan mudah memenuhi semua dokumen dan diserahkan kepada DPUPRPKP untuk di proses.

Hal Positif dari Linoleum Flooring Lowes

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) memang sangat penting untuk sebuah bangunan. Dokumen ini menjadi bukti bahwa bangunan benar-benar layak untuk digunakan. Apalagi kota Batu selalu menjadi destinasi kunjungan masyarakat baik dari dalam dan luar daerah. Bangunan yang ada mestinya selalu di evaluasi berkala guna menjamin keamanannya. Itulah kenapa pemerintah mewajibkan semua bangunan di kota Batu untuk segera di urusĀ  SLF nya.

Selain berhubungan tentang keamanan gedung, sertifikat ini juga akan berdampak pada harga dari sebuah bangunan gedung, dimana ketika mengantongi SLF maka harga jualnya pun akan meningkat. Selain itu para pengunjung gedungĀ  ini akan yakin bahwa gedung tersebut telah teruji dan aman untuk dikunjungi.

Persyaratan Dasar SLF Pabrik Baru

Pelaku usaha bisa mengajukan permohonan SLF pabrik dan bangunan secara pribadi atau menggunakan jasa SLF yang profesional. Dokumen persyaratan mengajukan SLF pabrik dan bangunan kompleks lainnya :

  1. IMB dan Rencana Teknis Bangunan
  2. As-Built Drawing
  3. Dokumen Pendukung
  • Kontrak Kerja
  • Laporan Pengawasan Konstruksi
  • Rekomendasi Teknis Dari Intansi Terkait
  • Hasil Pengujian Material
  • Hasil Testing and Commissioning (hasil uji kualitas air limbah, kualitas udara emisi, dan kuelitas embient)
  • Manual Operasi dan Pemeliharaan

SLF yang tidak segera diurus (kurang lebih 30 hari) akan dibekukan nomor usaha perusahaan/pabrik. Dengan peraturan ini akan cukup berdampak pada pengajuan SLF dan mendorong para pengusaha untuk segera megajukan SLF bangunan usaha mereka.